«

»

Jun 17

Print this Post

Adolf Hitler, Riwayat Hidup dan Kepemimpinannya

adolf-hitlerHampir seluruh manusia di dunia mengenal Adolf Hitler, atau setidaknya pernah mendengar tentangnya. Namanya diabadikan dalam buku-buku sejarah dunia, sebagai salah satu penyulut api Perang Dunia II dan pembasmi ras Yahudi. Segala sesuatu tentang Hitler identik dengan kekejaman, kebiadaban, dan pembantaian.

Sungguh pun demikian, dunia mengakui bahwa Hitler merupakan sedikit diantara pemimpin yang benar-benar berpengaruh dunia. Michael Hart menempatkan Hitler sebagai manusia nomor 39 paling berpengaruh sepanjang sejarah. Hitler adalah orator yang berkharisma, suatu bakat yang sulit kita jumpai pada diri pemimpin-pemimpin saat ini. Hitler hanya butuh waktu kurang dari sepuluh tahun untuk menumbuhkan kepercayaan Jerman sebagai bangsa Arya yang ditakdirkan menguasai bumi.

Adolf Hitler dilahirkan di Braunau am Inn, Austria, pada 20 April 1889. Ayahnya, Alois Hitler, bekerja sebagai pegawai kantor bea cukai, dan ibunya adalah keturunan Yahudi. Setelah ayahnya pensiun, keluarga Hitler pindah ke kota Lambach. Di kota tersebut terdapat biara Katolik yang di bangunannya terdapat ukiran-ukiran swastika, dan di sanalah Hitler muda belajar.

Ketika beranjak dewasa, cita-citanya yang semula ingin menjadi biarawan bergeser menjadi seniman. Dia mencoba untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi seni di Wina, Austria, namun gagal. Di sana Hitler menjadi tunawisma.

Ketika Perang Dunia I meletus, Hitler baru berusia 25 tahun. Dia ikut terlibat menjadi pengantar pesan dalam pasukan Infanteri Resimen Bavaria ke-16, dan merupakan salah satu orang yang paling beruntung di medan pertempuran. Pada suatu kali resimennya bertemu dengan pasukan Inggris dan Belgia di dekat Ieper, Perancis. Dari 3.000 orang, sebanyak 2.500 hilang, tewas, dan luka-luka. Sementara Hitler lolos tanpa terluka sedikitpun.

Pada 11 November 1918, secara mengejutkan bagi tentara Jerman, perang tiba-tiba berakhir. Pasukan garis depan Jerman tidak merasa dikalahkan, dan mereka heran mengapa gencatan senjata terjadi begitu cepat. Padahal saat itu, mereka tengah berada di wilayah musuh dengan posisi yang menguntungkan. Mitos yang berkembang di kalangan prajurit adalah, mereka “ditikam dari belakang” oleh kelompok Marxis dan Yahudi. Pasukan garis depan dan dua juta rakyat Jerman tewas karena pengkhianatan ini.

Seusai perang, negara-negara Sekutu melanjutkan blokade terhadap Jerman. Jutaan rakyat Jerman kelaparan dan ribuan lainnya sekarat akibat penyakit TBC dan influenza. Kondisi politik juga mengalami kesuraman. Kelompok sayap kanan (pemerintah) harus menghadapi pemberontakan Republik Soviet Munchen yang didirikan oleh kelompok sayap kiri (Raterepublik). Sebanyak 500 orang terbunuh dalam usaha pemadaman pemberontakan ini.

Pemimpin Raterepublik sebagian besar adalah Yahudi sehingga memunculkan kesan bahwa Bolshevisme (komunis) dan Yudaisme pada dasarnya adalah sama. Akibatnya, sikap antisemitisme (anti Yahudi) kemudian berkembang luas.

Hitler tiba di Munchen ketika situasi politik sedang bergolak akibat anjloknya perekonomian. Oleh atasannya, Hitler diperintahkan untuk menjadi “mata-mata” dalam sebuah forum diskusi. Dalam forum tersebut, untuk pertama kalinya Hitler menyampaikan pendapatnya mengenai nasionalisme. Kemampuan orasinya yang menakjubkan mampu menyulut semangat siapapun. Dalam waktu singkat, namanya menjadi pembicaraan di setiap sudut kota.

Hitler terjun secara langsung dalam politik dengan menjadi Ketua DAP (Deutsche Arbeiterpartei) atau Partai Buruh Jerman. Tahun 1921, Hitler mengubah nama partai menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (Partai Pekerja Nasionalis Sosialis Jerman), disingkat NSDAP atau Nazi, dan memakai lambang swastika.

Pada 1923, dalam suasana krisis di Munchen yang disebabkan oleh pendudukan Ruhr oleh Perancis, Hitler dan Nazi mulai bertindak. Tanggal 8 November 1923 Hitler menghentikan rapat politik di Burgerbrau Keller dan menyerukan revolusi nasional untuk menggulingkan pemerintah sayap kiri di Berlin. Keesokan harinya, Nazi dan partai-partai sayap kanan berparade di Munich untuk mengumpulkan dukungan. Parade berakhir dengan bentrok terhadap polisi dan militer. Empat perwira polisi dan 16 anggota Nazi tewas dalam aksi ini.

Pemerintah mencium pergerakan Hitler dan berusaha meredamnya. Dalam pengadilan rakyat di Munchen tanggal 26 Februari 1924, Hitler diputuskan dihukum sebagai pengkhianat negara. Dia diganjar hukuman sembilan bulan di penjara Landsberg. Di penjara inilah Hitler menulis buku Mein Kampf (Perjuanganku) yang berisi pemikiran politiknya.

Pada 1930, Jerman bangkrut. Harga produk pertanian jatuh, bursa Wall Street menurun, dan tagihan utang dari AS semakin menekan persediaan devisa Jerman. Tahun 1931, angka pengangguran Jerman mencapai lima juta orang. Lima bank utama hancur sehingga lebih dari 20.000 perusahaan di Jerman gulung tikar. Jerman menjadi negara dengan perekonomian paling buruk di dunia.

Presiden Jerman Paul von Hindenburg melantik Hitler sebagai Kanselir (setingkat Perdana Menteri) pada Januari 1933. Bulan Juni 1934, pada bulan yang dikenal sebagai Malam Pisau Panjang, Hitler membunuh semua penentangnya di partai Nazi. Sejak 1934, Hitler mulai menjadi diktator dengan membungkam media massa. Para jurnalis yang menentangnya lewat tulisan ditangkap dan dibunuh. Tahun 1939, Hitler memerintahkan untuk menghabisi semua anak cacat di seluruh Jerman.

Hitler menyerang Polandia pada September 1939 dengan taktik blitzkrieg (serangan darat dan udara secara kilat), yang memberikan kemenangan gemilang. Inggris dan Perancis langsung menyatakan perang terhadap Jerman, dan dimulailah Perang Dunia II.

Puncak kehebatan Hitler adalah tahun 1940. Bulan April, Jerman menyerang Denmark dan Norwegia. Sebulan kemudian, giliran Belanda, Belgia dan Luxemburg. Lalu Juni, Perancis ditaklukkan. Tahun itu Inggris mati-matian mempertahankan diri terhadap serangan udara Jerman yang dikenal sebagai “Battle of Britain”. Namun Hitler tak pernah bisa menduduki Inggris. Kemudian, pada April 1941, Jerman menaklukkan Yunani dan Yugoslavia.

Pada pertengahan 1942, Jerman menguasai sebagian besar wilayah Eropa yang belum sanggup dilakukan oleh siapapun sepanjang sejarah. Jerman juga menguasai Afrika Utara dan Rusia.

Awal kekalahan Hitler adalah saat menggempur Kursk di Rusia dengan Operasi Citadel. Jerman kalah di Stalingrad pada paro kedua tahun 1942. Kemudian, Jerman dipukul dalam pertempuran di Al Amein Mesir. Sekutu mendarat di Normandia dan akhirnya Berlin jatuh ke tangan Sekutu. Sesudah kemunduran ini, dewi fortuna yang tadinya memayungi tentara Jerman berangsur-angsur meninggalkannya. Hitler yang menyadari kejatuhannya sudah dekat, menikahi perempuan simpanannya, Eva Braun. Mereka kemudian bunuh diri bersama-sama pada 30 April 1945.

Selama berkuasa, Hitler terlibat dalam tindakan pembunuhan massal yang amat besar. Dalam jangka waktu beberapa tahun saja, sekitar enam juta orang Yahudi dibantai secara brutal dalam Holocaust, dan diperkirakan 35 hingga 60 juta orang tewas akibat Perang Dunia II.

Perang Dunia II merupakan upaya menyeluruh Hitler untuk melakukan pembantaian dan pemusnahan bangsa.  Perang ini didasarkan pada kebijakan “ruang hidup” rasis Hitler. Dia menyatakan bahwa wilayah Jerman saat itu tidak cukup lagi bagi bangsa Jerman dan bahwa ras Arya tengah terhimpit di wilayah ini. Hitler berpendapat bahwa Jerman harus menduduki negara-negara Eropa Timur dan menjadikan tempat tersebut Lebensraum (ruang hidup) bagi rakyat Jerman.

Bangsa Jerman semasa Hitler berkuasa menganggap diri mereka sebagai manusia yang paling sempurna, keturunan ras Arya yang ditakdirkan menguasai dunia. Chauvinisme ini menjadikan Jerman merasa berhak untuk menyingkirkan bangsa-bangsa lain di dunia yang dipandang lebih rendah dari bangsa Jerman.

Hitler dikenal sebagai pemantik Perang Dunia II, perang terbesar yang pernah terjadi di atas bumi. Selain itu, Hitler terkenal karena seluruh kisah hidupnya menyeramkan dan menarik. Kemampuannya sebagai pemimpin amat luar biasa. Membangkitkan sebuah bangsa yang tengah terpuruk dan menjadikannya jagal yang menguasai lebih dari separuh benua, hanya dalam waktu beberapa belas tahun, tentu bukan pekerjaan yang setiap orang bisa melakukannya. Banyak peninggalannya yang masih bisa dilihat hingga sekarang, misalnya autobahn (sistem jalan tol terbaik di dunia) serta mobil volkswagen. Kekejaman dan teror yang ditebar di bumi mungkin tidak bisa dimaafkan, tapi tidak bisa disangkal bahwa Hitler adalah salah satu orang paling genius di dunia.

Diolah dari berbagai sumber.

Did you like this? Share it:

Permanent link to this article: http://posbisnis.com/2013/06/adolf-hitler-riwayat-hidup-dan-kepemimpinannya/

Leave a Reply