Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa modal – Untuk Anda yang saat ini ingin mengawali usaha, sudah bukan rahasia umum usaha online yang saat ini cukup menjanjikan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup banyak. Seiring semakin tingginya penggunaan teknologi internet di masyarakat sekarang ini membuat usaha online bisa menjadi alternatif utama dalam kita melakukan kegiatan usaha.

Aktivitas transaksi jual beli yang dulunya dilakukan secara konvesional, hari ini beralih ke cara transaksi jual beli secara online, baik itu melalui website toko online, sosial media, marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dsb, dan juga di aplikasi Messenger seperti Whatsapp, telegram, dll.

Kelebihan dari bisnis online adalah modal yang diperlukan relatif lebih minim jika dibandingkan dengan usaha konvesional. Selain itu melakukan bisnis secara daring dapat memangkas banyak biaya – biaya yang dapat menghemat keuangan, seperti biaya sewa tempat, biaya promosi, biaya air, dan biaya – biaya lainya. Tidak ada hanya itu bahkan, kita bisa merintis dan menjalankan usaha daring tanpa modal, bagi Anda pemula yang baru saja ingin merintis usaha tentunnya denga usaha daring merupakan sesuatu kesempatan emas.

Menjadi dropshipper

Mungkin kata dropshipper sudah tidak asing ditelinga kita, dropshiper adalah dimana seseorang menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok produk. Alamat dan nama pengirim pun berdasarkan alamat dan nama dropshipper.

Untuk Anda yang baru saja akan memulai menjalankan usaha menjadi dropshipper adal pilihan yang cocok. Kemudian resiko kerugiannya relatif sangat kecil bahkan nol karena kita tidak harus melakukan stok produk yang membuat kita tidak memiliki kekhawatiran akan barang kita yang tidak habis terjual. Dengan kata lain Anda hanya akan mendaptkan keuntungan dari setiap menjual produk orang lain.

Selanjtnya, untuk menjadi dropshipper Anda juga tidak memerlukan modal atau dapat memulai usaha dengan modal nol. Anda hanya membutuhkan kuota akses internet untuk bisa menjalankan usaha anda ini. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk stok barang dari produsen yang biasanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Membuka Toko di Marketplace

Jika kita tidak memiliki tempat atau toko untuk usaha maka akan mustahil produk yang kita tawarkan bisa terjual. Oleh karena itu kita harus membuat toko online dengan memanfaatkan marketplace yang cukup popular seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll. Membuka toko online pada marketplace adalah gratis tanpa biaya.

Selanjutnya Anda dapat berjualan kapan saja dan dimana saja tanpa membayarkan biaya sewa tempat. Pada marketplace juga sudah tersdia fitur penjualan yang lengkap, mulai dari display produk, deskripsi produk, sistem transaksi, chat, dan fitur – fitur pendukung lainnya. Adapun fitur – fitur khusus yang ditawarkan sebuah marketplace seperti fitur iklan agar produk kita dapat terlihat pertama atau muncul di highlight, dengan membayar biaya untuk menggunakan fitur tersebut.

Pemasaran di Media Sosial

Trend penggunaan media sosial semakin hari semakin meningkat, saat ini hampir semua orang memiliki akun di media sosial. Hal ini menjadikan sebuah peluang besar untuk kita memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnis dan produk atau layanan yang kita jual. Media sosial yang sekarang sedang tren yang bisa anda gunakan adalah Facebook dan Instagram.

Dengan Memaksimalkan kedua media sosial tersebut agar kita dapat memperoleh konsumen sebanyak – sebanyaknya. Caranya adalah dengan terus melakukan postingan secara konsisten, baik itu konten promosi, edukasi ataupun hiburan. Walaupun sepi pembeli sebaiknya kita tetap terus aktif dalam melakukan postingan dan berinteraksi dengan pelanggan ataupun calon pelanggan di media sosial.

Pemasaran di aplikasi Messenger

Dalam menjalankan usaha online, kita juga perlu menggunakan aplikasi chat messenger yang terintergrasi dengan nomor bisnis kita seperti aplikasi Telegram dan Whatsapp, karena tren di masyarakat penggunaan aplikasi ini sangat tinggi dan menjadi channel komunikasi utama mereka.

Jauh lebih baik lagi jika kita membangun mengumpulkan banyak list nomor kontak pelanggan dan calon pelanggan dan bagaimana agar mereka juga menyimpan nomor bisnis kita di handphone . Pilihlah yang banyak digunakan orang seperti Whatsapp, Telegram,Line dll, dengan tujuan agar memudahkan komunikasi antara anda dengan pelanggan.

Semoga artikel cara memulai bisnis online tanpa modal ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

Previous Post
error:

BERLANGANAN GRATIS

Dapatkan info bisnis terupdate posbisnis.com