Ketakutan yang Sering Muncul Saat Memulai Bisnis

Ketakutan yang Sering Muncul Saat Memulai Bisnis – Dalam hidup ketakutan merupakan hal yang manusiawi. Namun orang sukses tidak menjadikan ketakutan sebagai halangan untuk mereka dan menghindarinya.

Sejak Anda memulai usaha hingga usaha Anda mulai stabil dan maju, Anda tidak akan lepas dari banyaknya masalah yang dihadapi. Dunia usaha merupakan hal yang penuh dengan resiko – resiko. Kalau Anda inngin menjadi orang yang sukses sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mempersiapkan diri untuk menghadapai dan melalui berbagai resiko yang nantinya akan timbul.

Biasanya secara umum ada 4 kekhawatiran yang paling sering ditakutkan oleh seseorang yang ingin memulai usaha atau bisnis :

Takut Kehabisan Modal

Takut akan kehabisan modal adalah salah satu ketakutan terbesar bagi pebisnis pemula. Modal merupakan salah satu masalah terbesar yang paling banyak menjadi perhatian pengusaha. Dalam memulai menjalankan bisnis membutuhkan uang, yang biasanya bisa bersumber langsung dari tabungan pribadi atau dari bersumber dari investor independen.

Jika Anda tidak dapat mengelola penghasilan dengan baik ketika modal awal sudah mulai menipis, bisnis anda dan juga semua uang yang anda investasikan bisa berada dalam bahaya bahkan habis. Mungkin Anda akan mendapati Investor yang kecewa bahkan marah, dan juga kehilangan tabungan Anda.

Jika Anda memiliki ketakutan akan kehilangan modal dalam investasi bisnis anda, maka Anda harus memikirkan alternatif sumber pendanaan bisnis anda. Mengumpulkan dana minimum dari beberapa orang yang biasanya disebut crowfunding atau bisa disebut patungan usaha bisa jadi merupakan pilihan tepat.

Oleh sebab itu, Anda harus memiliki keyakinan untuk sukses dalam menjalankan bisnis Anda, karena kalau tidak sebaiknya anda mundur dari bisnis tersebut.

Merasa Tidak Cukup Memiliki Kemampuan

Selanjutnya ketakutan yang juga menghantui para pebisnis pemula yang mau memulai sebuah bisnis sendiri adalah merasa tidak memiliki kemampuan yang cukup. Kekhawatiran yang akan menjadi sebuah hambatan besar untuk kemajuan bisnis yang anda baru mulai, biasanya Anda merasa bahwa Anda tidak memiliki cukup kemapuan bisnis yang baik untuk menjalankan bisnis atau merasa bahwa produk yang anda punya tidak cuku baik untu bersaing.

Ada konsep sederhana yang berlaku untuk semua bisnis, luncurkan produk anda walaupun dengan kualitas masih minim. Produk Anda mungkin tidak harus sempurna saat launching pertama, dan tidak perlu menjadi yang terbaik di kelasnya. Setidaknya jika produk anda sudah bisa diterima pasar, itu sudah lebih dari cukup. Dari situ, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan produk anda dari waktu ke waktu.

Tidak ada produk dipasarkan dan dimulai dengan sempurna – bahkan beberapa bisnis terbesar di dunia mungkin dimulai dengan produk dengan kualitas yang sama atau lebih jelek dibanding dengan produk Anda.

Demikian pula dengan anda, sebagai seorang entrepreneur jangan menunggu hingga sempurna baru mau jalan. Tidak usah takut untuk melakukan kesalahan. Mulai dulu apa adanya dan perbaiki kesalahan Anda seiring dengan waktu.

Takut Akan Kegagalan

Takut gagal adalah penghambat kesuksesan dalam bisnis Jika anda ingin sukses dalam bisnis maka keinginan anda untuk sukses haruslah lebih besar dari pada ketakutan anda akan kegagalan. Hal tersebut merupakan momok yang sama kuatnya dengan masalah modal dalam menghambat seseorang untuk segera memulai bisnis.

Orang bijak pernah berkata bahwa kegagalan hanyalah sebuah ujung jalan jika anda membiarkannya atau hanyalah sebuah persinggahan sementara untuk menuju ke tingkat kesuksesan selanjutnya. Banyak orang di luar sana yang harus mengalami kegagalan berkali-kali sebelum meraih kesuksesan.

Takut Akan Hal – Hal yang Belum atau Tidak Diketahui

Sesuatu yang tidak atau belum Anda ketahui adalah sebuah hal yang tidak bisa tebak dan anda tidak bisa mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Jika anda baru memulai sebuah bisnis dan hanya ada pasangan anda didekat anda maka ketakutan untuk menghadapi apa yang akan terjadi di tahun pertama bisnis anda adalah sesuatu yang menakutkan. Dan itu wajar. Ada banyak kekhawatiran apa yang akan terjadi dengan bisnis yang telah anda rencanakan tahun depan, apakah akan jalan terus atau berhenti.

Menjadi seorang entrepreneur bukanlah sebuah pekerjaan tetapi lebih pada sebuah gaya hidup. Anda memilih untuk menjadi seorang pengusaha karena anda adalah seorang yang suka mengambil resiko, anda memiliki gairah, anda adalah seorang pekerja keras yang akan melakukan apapun untuk mendapatkan apa yang anda inginkan serta anda sangat yakin dengan ide anda.

Ke empat kualitas ini, jika anda padukan dengan baik dalam diri anda, maka semua ketakutan-ketakutan yang menghalangi anda tidak akan banyak berarti.

Dunia wirausaha bukanlah dunia tanpa rasa takut tetapi hanya diperuntukkan untuk mereka yang memiliki persiapan yang cukup dan kekuatan untuk belajar dari ketakutan yang ada.

Daripada menghindari ketakutan anda sendiri, lebih baik anda jadikan sebagai rekan yang akan menasehati anda untuk selalu memberikan yang terbaik setiap langkah yang anda ambil. Hanya dengan itulah anda akan menjadi seorang pengusaha yang tahan banting apapun yang terjadi. Bangkit dan bangkit kembali.

Previous Post
Next Post
error:

BERLANGANAN GRATIS

Dapatkan info bisnis terupdate posbisnis.com