Strategi Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Strategi Cara Meningkatkan Omset Penjualan – Apapun usaha yang kita jalankan, apabila menginginkan peningkatan omset,untuk itu seharusya kita berupaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan, baik ke toko offline, showroom, konter, restoran, ataupun website toko online bisnis kita.

Cara yang tepat yang harus kita dan tim lakukan adalah bagaimana agar tempat usaha kita dapat menarik dan menjaring perhatian orang sebanyak – banyaknya.

Intinya adalah bagaiman agar menarik perhatian. Dapat dengan memasang iklan, spanduk, poster, selebaran, posting di sosial media dan sebagainya, yang esensinya adal menarik perhatian orang untuk berkunjung.

Untuk pengaplikasiannya pada pemasaran online dapat dilakukan dengan pelbagai macam cara yaitu apakah dengan beriklan pada social media, membuat konten kreatif yang menarik di sosial media, atau dengan pengoptimalan pada mesin pencarian atau yang disebut teknik SEO sehingga dapat mendatangkan pengunjung yang lebih banyak ke website atau toko online Kita.

Anda beserta tim dapat melakukan brain storming untuk mencari cara bagaimana agar cara atau ide Anda dapat menarik perhatian dan dapat mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin. Sekiranya diperlukan, bentuklah tim khusus untuk ini. Sebuah tim kreatif yang tugasnya menggali ide-ide kreatif yang dapat menarik perhatian dan mendatangkan pengujung.

Mengevaluasi dan Inovasi

Sebetulnya untuk menumbuhkan tingkat kunjung tidak melulu membuat sesuatu yang baru. Anda dapat mengengevaluasi dan memperbaiki dari yang sudah ada sebelumnya. Contohnya dengan mengamati outlet bisnis kita, evaluasi dan pelajari kira – kira apakah yang harus diperbaiki atau ditambahkan inovasi agar dapt mengaet perhatian dan kunjungan.

Pemasaran online juga sama. Apa yang bisa diperbaiki pada website Anda? Apa yang bisa diperbaiki pada kampanye media sosial Anda?

Begitu kuga pada pemasaran online sama halnya. Misal melihat apakah ada yang perlu kita evaluasi dan kembangkan pada website, toko online, sosial medi, penulisan / copywriting kita?.

Sebagai contoh, menambahkan fitur tertentu atau tampilan website kita berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi kita.Hal tersebut dapat meningkatkan pengunjung lebih banyak dari sebelumnya.

Tingkatkan Konversi Penjualan Anda

Setelah website atau toko Anda dibanjiri oleh pengunjung, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan konversi penjualan. Bagaimana agar lebih banyak orang yang datang ke website Anda membeli produk atau jasa Anda. Jika selamanya ini misalnya 1% membeli (1 dari seratus orang pengunjung membeli produk Anda), maka tingkatkan menjadi 2% saja sudah menggandakan omset Anda.

Selepas toko offline atau website Kita mengalami kenaikan jumlah pengunjung maka tahap berikutnya adalah bagaimana meningkat konversi penjualan. Meningkatkan pembelian dari jumlah pengunjung yang datang atau mengunjungi toko anda untuk membeli produk atau layanan kita. Maka misal selama ini rata – rata tingkat konversi pembelian terhadap produk kita 5% dari sejumlah orang yang berkunjung, selanjutnya kita berupaya meningkatkat menjadi 10%, hal tesebut dapat melipat gandakan omset Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konversi konversi penjualan Anda. Saya akan sampaikan tiga cara yang langsung bisa Anda bisa terapkan.

  1. Display Menarik. Hadirkan kesan pertama yang memesona, baik itu toko offline, toko online, akun media sosial, dan sebagainya. Kesan pertama yang positif akan mengacu kepada hal-hal positif kemudian.
  2. Copywriting Menarik. Buatlah rangkaian kata yang menarik dalam setiap penawaran yang anda buat, baik itu kata-kata di toko offline, toko online, akun media sosial, dan sebagainya.harus menarik orang tergerak melakukan transaksi pembelian terhadap produk dan Layanan Anda.
  3. Pelayanan Prima. Dalam sebuah keputusan pembelian ditentukan oleh emosi, sebisa mungkin dapat menadirkan pelayanan yang prima, jangan sekedar pelayanan yang asal asalan karena dapet menciptakan mood yang kurang baik dari calon pembeli. Bisa saja mereka tetap membeli, tapi jika pelayanan kurang baik, itu bisa menjadi yang pertama sekaligus yang terakhir. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelatihan tentang pelayan prima kepada pelayan toko, admin website, Cs online kita. Pelayanan yang baik dapat menumbuhkan omset secara siginifikan.

Scale Up

Cara ketiga yang dengan cepat bisa menggenjot omset adalah dengan meleverage (daya ungkit) pelanggan yang sudah ada. Baik pelanggan yang lama, maupun pelanggan yang baru saja Anda dapatkan. Meleverage pelanggan yang sudah ada adalah cara cepat dan murah untuk menaikan penjualan.

Langkah selanjutnya dalam menaikan omset bisnis Anda adalah dengan meningkatkan daya ungkit (Leverage) dari kostumer yang sudah ada, apakah itu kostumer lama ataupun kostumer baru. Dengan begitu omset dapat meningkat dengan efisien dan efektif.

Sebagai conyoh bagaimana cara men Scale up kostumer kita adalah sebagai berikut :

  • Bagaimana agar konsumen yang membeli produk Kita dapat membeli lagi produk lainnya yang Kita tawarkan?
  • Bagaimana agar konsumen Kita agar membeli produk atau jasa dengan volume lebih besar?
  • Bagaimana agar pelanggan yang sudah lama tidak membeli produk kita dapat kembali aktif membeli produk produk yang kita warkan kembali?
  • Bagaimana agar pelanggan yang pernah membeli produk Kita dapat merekomendasikannya kepada orang lainya?

Satu kata kunci yang sangat penting jika ingin meleverage pelanggan Anda secara efektif adalah: membangun database.

Hal yang terpenting untuk dapat men scale up pembelian dari konsumen kita secara efektif adalah dengan membangun database dari setiap konsumen kita.

Sebenarnya cukup banyak ide lain yang dapat diaplikasikan dalam usaha meningkatkan omset penjualan. Salah satunya dalah 3 cara diatas yang cukup popular dilakukan oleh para pelaku bisnis. Semoga sedikit informasi tentang Strategi Cara Meningkatkan Omset Penjualan dapat bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih

Previous Post
Next Post
error:

BERLANGANAN GRATIS

Dapatkan info bisnis terupdate posbisnis.com