Cara Merencanakan Keuangan Pribadi

Cara Merencanakan Keuangan Pribadi – Kita mungking sering membaca artikel atau informasi terkait keuangan. Memahami kesehatan keuangan dengan baik dapat membantu kita dalam merencanakan masa depan. Dengan memahami dengan baik maka kita bisa menggunakanya untuk memperbaiki situasi keuangan kita.

Berikut beberapa hal untuk dipahami untuk memperbaiki pemahaman kita mengenai keuangan dan potensinya.

Kekayaan bersih

Kekayaan bersih adalah tolak ukur yang mendasar dari kesehatan keuangan kita secara umum. Sederhanya perhitungan kekayaan bersih yakni kurangi semua dengan utang anda dari suatu yang kita miliki.

Kekayaaan bersih = Jumlah Aktiva – Jumlah Kewajiban (utang)

Aktiva ini mencakup semua harta benda yang kita miliki sendiri termasuk mobil, rumah, tabungan, investasi, dan uang di rekening Anda. Kewajiban (Liabilitie) adalah seperti utang kartu kredit, saldo pinjaman, cicilan kredit mobil, dan utang lainnya. Jika kewajiban Anda melebihi aset maka Anda memiliki kekayaan bersih negatif.

Ada dua pendekatan untuk meningkatakan kekayaan bersih. Pertama Tingkatkan Aset Anda dan kedua yaitu mengurangi jumlah hutang anda. Untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda dengan cepat and adapt melakukan dua cara tersebut secara bersama – sama.

Pendapatan kotor

Pendapatan kotor adalah total dari pendapatan kita sebelum dikurangi pajak dan kewajiban lainya. Jika seorang pekerja menerima sejumlah gaji sebelum dilakukan pemotongan pajak dan kewajiban lainya, maka gaji yang di dapatnya adalah penghasilan kotor.
Kebanyakan penawaran gaji dan statistik gaji yang diberikan dalam bentuk penghasilan bruto. Angka tersebut merupakan angka yang Anda harus laporkan sebagai bentuk pajak penghasilan. Pendapatan kotor juga dapat membingungkan dalam perencanaan anggaran.

Laba Bersih

Laba bersih adalah jumlah total uang yang Kita dapatkan setelah dikurangi pajak dan kewajiban lainnya. Jumlah ini lah yang pentong karena merupakan banykanya uang yang ada setelah dikurangin segala kewajiban.

Pasar Gaji

Pasar Gaji adalah seberapa besar nilai kelayakan Anda di pasar tenaga kerja, hal tersebut biasanya tergantung dari pengalaman kerja, pendidikan, dan lokasi Anda. Namun gaji pasar Anda mungkin tidak serta merta sama dengan gaji yang sebenarnya.
Hal ini berguna untuk mengetahui gaji pasar Anda unsebagai landasan ketika Anda menawar kenaikan gaji atau bermanfaat untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi dikemudian hari.

Biaya Bulanan

Biaya bulanan adalah salah satu faktor keuangan yang dapat anda kontrol dan paling penting. Ini adalah jumlah total pengeluaran Anda selama periode satu bulan, yang benar-benar Anda habiskan setiap bulan, seperti perumahan, makanan, pakaian, dan transportasi dll. Pada biaya bulanan ini dapat kita kurangi dengan mengalokasikanya uang yangtersedia untuk membayar utang atau untuk berinvestasi.

Keseimbangan investasi

Sangat direkomendasikan untuk anda memiliki pos investasi secara teratur. Jumlah investasi yang anda miliki merupakan hal yang penting karena ini akan sangat menentukan untuk masa depan nantinya. Selalu pelajari untuk menentukan apakah startegi investasi Kita sesuai harapan.

Saldo Kas

Kekayaan bersih tidak mencerminkan berapa banyak aset Anda yang cair. Misalnya, jika semua aset Anda diinvestasikan dalam kepemilikan tanah, Anda mungkin memiliki waktu sulit mendapatkan uang tunai pada waktu yang tepat untuk membeli makanan atau membayar pajak perumahan Anda. Akses ke kas dan aset cair lainnya (aset yang bisa dijual cepat untuk mendapatkan uang tunai) sangat penting untuk dapat membayar biaya-biaya yang diperlukan.

Keseimbangan Dana Darurat

Menyiapkan alokasi dana darurat merupakan langkah yang banyak daianjurkanoleh para perencana keuangan rekomendasikan untuk orang yang mencoba untuk keluar dari utang. Menyiapkan uang tunai ke dana darurat berarti kita menyediakan sandaran menutup tagihan tak terduga. Cara ini juga dapat membuat kebiasaan untuk menabung dari setiap pendapatan yang diterima, bukan menghabiskan semuanya.

Saldo Kartu Kredit dan Suku Bunga

Banyak rumah tangga memiliki saldo cicilan kartu kredit. Penting untuk memantau semua utang, namun utang kartu kredit sangat penting untuk selalu dipantau, karena biasanya membawa suku bunga tertinggi utang, hal tersebut dapat meningkatkan utang Anda.

Jika Anda membayar tingkat bunga yang tinggi pada utang kartu kredit Anda, menghemat uang dengan membuat transfer saldo ke kartu dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Cobalah untuk mengurangi biaya sehingga Anda dapat melunasi saldo kartu kredit lebih cepat.

Tingkat Inflasi

Jika Anda ingin memiliki cukup uang untuk membeli hal-hal yang Anda butuhkan di masa depan atau untuk pensiun, Anda harus memperhitungkan efek inflasi. Harga cenderung naik dari waktu ke waktu, mengurangi daya beli uang di masa depan. Rata-rata tingkat inflasi di indonesia sekitar 6%. Untuk perencanaan Kedepan , Anda sebaiknya memperkirakan pengeluaran Anda, dan kemudian pelajari skala biaya berdasarkan efek inflasi dari tahun- ketahunya.

Sekian artikel Cara Merencanakan Keuangan Pribadi, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Previous Post
Next Post
error:

BERLANGANAN GRATIS

Dapatkan info bisnis terupdate posbisnis.com