Manajemen Pengelolaan Waktu untuk Pebisnis

Manajemen Pengelolaan Waktu untuk Pebisnis – Ada pepatah “Waktu adalah uang”, dari pepatah tersebut kita dapat memaknainya melalui sudut pandang Produktifitas, bahwa Waktu yang kita pergunakan harus sebanding dengan uang yang kita dapatkan. Namun pada kenyataannya belum tentu semua pebisnis dan kita sendiri dengan benar – benar menjalankan hal diatas.

Sebagai seseorang pemilik bisnis, idealnya waktu yang anda berikan bagi usaha anda sebanding dengan uang pribadi yang diperoleh serta keuntungan dari usaha anda tersebut. Dari kaca mata bisnis, waktu adalah investasi anda sehingga pertanyaan bisnisnya adalah: apakah anda bisa menguranginya sebagai wujud investasi? Hal ini bertujuan untuk memperoleh uang lebih banyak sebagai hasil dari bisnis anda.

Seharusnya sebagai seorang pebisnis, waktu yang kita pergunakan untuk menjalankan usaha kita sebanding dengan pemasukan serta keuntungan dari kegiatan usaha kita. Dari aspek bisnis, waktu adalah sebuah investasi sehingga timbul pertanyaan, apakah saya dapat menguranginya sebagai bagian dari investasi.

Mari coba kita lihat produktifitas kita sebagai pemilik bisnis. Dalam mengelola suatu bisnis, seorang pemilik bisa menghabiskan waktu di tiga jenis pekerjaan. Pertama, sebagai teknisi. Pekerjaan yang sangat bersifat operasional. Kedua ,sebagai manajer. Pekerjaan yang berkaitan dengan manajemen bisnis. Terakhir, sebagai pengusaha / pengambil keputusan strategis. Pekerjaan yang bersifat strategis yang berkaitan dengan arah serta prestasi bisnis.

Evaluasi Manajemen waktu

Jawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Jika anda membuat peta dari waktu yang anda pergunakan di dalam bisnis anda, bagaimana urutan prioritas dari ketiga pekerjaan di atas? Dilihat dari pekerjaan mana yang paling banyak menyita waktu anda.
  • Bila total waktu kerja anda sebulan adalah 100 %,berapa persentase dari setiap jenis pekerjaan di atas?

Jawaban anda untuk dua pertanyaan di atas akan menunjukan bagaimana selama ini anda pergunakan. Apabila anda berniat mengubah pola penggunaan waktu sehingga lebih produktif sebagai seorang pemilik bisnis, anda bias mulai dengan mengubah struktur penggunaan waktu anda.

Agar restrukturisasi penggunaan waktu anda dapat berjalan efektif, ada dua langkah yang bisa anda terapkan untuk menunjang hal tersebut. Pertama-tama dengan mendelegasikan tim anda untuk mengerjakan beberapa pekerjaan atau aktifitas teknisi dan manajerial. Selanjutnya, anda perlu mengedukasi tim anda guna meningkatkan keterampilan dan keahlian mereka. Dengan demikian, proses delegasi akan menjadi lebih efektif.

Previous Post
Next Post
error:

BERLANGANAN GRATIS

Dapatkan info bisnis terupdate posbisnis.com