Sukses Dengan Kerja Tim

Sukses Dengan Kerja Tim – Kerja tim merupakan aset yang penting nilainya bagi sebuah perusahaan. Karena dari tim inilah nasib perusahaan ditentukan. Jika tim kerja efektif, perusahaan akan tumbuh berkembang dengan baik seperti yang diinginkan, begitupun sebaliknya. Tugas seorang pemimpin adalah dapat membina tim kerja agar dapat menciptakan produktivitas yang maksimal dengan mengkomunikasikan objektif, motivasi, dan inspirasi agar apapun tugas yang Anda delegasikan kepada tim dapat dikerjakan dengan baik.

Sebenarnya, Kunci dalam mengembangkan iklim kekompakan antara pemilik bisnis dengan tim kerjanya serta kekompakan diantara pemilik bisnis adalah sama. Tapi, tentu saja membinanya bukanlah hal yang mudah,dikarena tim kerja terdiri dari beberapa orang. Berikut ini tips agar membangun tim kerja yang solid dan sukses.

Leadership

Dalam setiap tim kerja membutuhkan seorang pemimpin yang tegas. Walaupaun dalam pembagian saham diantara owner merata, tetap saja perlu ada satu orang yang ditunjuk sebagai leader. peran leader pengontrol tim kerja dan memastikan bahwa gerak langkah semua mengarah pada pencapaian tujuan bisnis .

Common goal

Sebagai pebisnis, Anda perlu membuat visi dan target bisnis yang sama serta memiliki passion yang sama untuk mencapaikan. Hal tersebut perlu untuk dikomunikasikan kepada semua anggota tim.

Rules of the game

Secara bersama-sama, Semua anggota menempatkan peraturan yang jelas. dimulai dengan menyusun kultur apa yang ingin dibangun dan berlaku bagi anggota dalam tim kerja. berdasarkan kultur ini akan terbangun aturan yang lebih jelas terkait hak dan kewajibannya setiap anggota.

Action plan

Tentukan pembagian tugas,wewenang,serta akuntabilitas masing-masing dan sekaligus menyusun action plan yang perlu dikerjakan oleh setiap owner. berdasarkan action plan tersebut maka siapa pun yang menjadi leader diantara nya berhak memonitor dan mengevaluasi kinerja yang lain.

Support risk taking

Apakah anda bersedia mendukung resiko yang diambil oleh rekan lain selama alternative yang ia ambil mengarah pada pencapaian hasil? penting untuk bersepakat untuk mendukung resiko yang diambil rekan yang lain serta belajar dari kesalahan agar kerjasama anda menjadi dinamis serta progresif.

Involvement & inclusion

Apapun yang terjadi, anda perlu memiliki komitmen untuk terlibat penuh dalam bisnis atau tim kerja anda. termasuk dinini adalah konsistensi dalam melakukan evaluasi hasil sekaligus brainstorming strategi baru guna kemajuan bisnis anda. Kerja tim akan rapuh tanpa kepemimpinan yang kuat dan efektif. Pemimpin seperti ini jangan digambarkan sebagai pemimpin yang tegas, disiplin dan otoriter.

Pemimpin yang kuat dan efektif di era knowledge workers saat ini adalah pemimpin yang menjadi teladan, dan pemimpin yang memberi contoh. Bukan pemimpin yang sekadar memberi perintah dan mengawasi dari balik dinding ruang kerjanya saja. Lewat keteladanan dari pemimpin model ini daya juang kerja tim akan terus di posisi prima guna memperjuangkan tujuan bersama.

Previous Post
Next Post
error:

BERLANGANAN GRATIS

Dapatkan info bisnis terupdate posbisnis.com