Panduan Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Panduan Belajar Internet Marketing Untuk Pemula – Kali ini kita akan membahas secara jelas dan terperinci tentang apa sih yang dimaksud dengan Internet Marketing disingkat (IM). Jika artikan secara umum dari kata Internet Marketing adalah serangkaian aktifitas atau proses pemasaran berbasis internet. Selain itu IM memiliki istilahlainya yakni Digital Marketing.

Kini panduan tentang Internet Marketing ini banyak dicari pengguna internet di Tanah Air. Semakin berkembangnya teknologi internet dan penggunanya menjadi peluang baru untuk mereka mencari pendapatan dari bisnis. Oleh karena itu materi tentang IM ini sangat diminati masyarakat yang ingin menggeluti dan terjun dibisnis secara online ini.

Pada Artikel kali ini kami akan menjabarkan tentang apa itu Internet Maerketing serta istilah – istilahnya berdasarkan pekembangannya sekarang ini. Secara mendetail, agar dapat menjadi bahan rujukan untuk teman – teman yang ingin mengenal dan yang saat ini mau terjun kedalam IM ini sehingga dapat menambah wawasan.

Pertama hal yang mejadi dasar yang harus kita siapkan untuk memperlajari dana memulai berkecimpung untuk mendapat penghasilan didunia IM ini adalah :

  1. Intenet ; Akses internet merupakan hal dasar yang harus kita mililiki, baik itu melalui layanan provider seluler atau pun provider internet kabel dan sebagainya yang saat ini banyak tersedia. Selanjutlah pilihlah operator yang mempunyai kualitas layanan internet yang terbaik ditempat kamu tinggal.
  2. Hardware / Perangkat keras; perangkat bisa menggunakan PC (Personal Computer), Laptop, Mobile Device (HP / Smartphone) atau kolaborasi semua perangkatyang sobat miliki.
  3. Software / Perangkat Lunak; beda perangkat keras yang digunakan tentu akan berbeda pula prangkat lunak yang digunakan, prangkat lunak disini termasukberagam aplikasi / software yang membantu aktifitas internet marketing (tools).
  4. Niat yang Kuat ; Niat yang kuat ini diperlukan untuk menjadi motivasi penyemangat sebagaitujuan utama yang ingin sobat raih dalam aktifitas serta cabang IM apa yang akan menjadi fokus utama beserta strateginya  begaimana mencapai tujuan yang sudah ditentukan

Kemudian, saat empat poin diatss sudah terpenuhi maka, kita akan mulai Pembahasan selanjutnya, Tenang untuk yang pemula akan tetap mudah untuk mengerti karena akan kami jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pemula sekalipun.

Macam-Macam / Jenis – Jenis Internet Marketing

Banyaknya jenis bisnis IM ini, maka kita akan kategorikan macam – macamnya berdasarkan perkembangannya saat ini :

  • Website Blogging, SEO, SEM, Website Builder
  • Ecommerce / Marketplace Brand Owner, Producer, Seller, Resellers & Dopshipping
  • Social Media Marketing Facebook, Instagram, Tiktok dll
  • Advertisers Adsense, Google Ads, FB Ads, dll
  • Affiliate Marketing Ratakan, Kelasimers, dll.
  • Email Marketing Mailchimps, kirim.email, Mailketing dll.

Mari kita pelajari lebih rinci macam – macam pemasaran secara daring satu persatu untuk Pemula.

Panduan Belajar Internet Marketing Untuk Pemula - Jenis Internet Marketing

Website ( Blogging, SEO, SEM, Website Builder )

Di dalam kategori website ini cukup beragam, seiring perkembangan tekhnologi,. Kali ini kita akan bahas tetang Website:

Blogging

Blogging pada awal merupakan bentuk aktifitas yang di peruntukan kepada pengguna internet yang memiliki hobi menulis. Blog sendiri di asosiaskan sebagai kumpulan artikel yang di tulis dan disusun oleh seorang yang di sebut sebagai blogger. Seiring perkembangannya blogging pun kian beragam bentuk dan tujuannya, selain menulis artikel blogging saat ini banyak ragam nya seperti blog wallpaper, blog komunitas, blog media (music & Video), dll.

Platform Blogging yang paling banyak digandrungi oleh blogger Tanah air adalah blogspot (blogger) dan Wordpess,dengan beragam fasilitas dan kemudahan yang diberikan, tentunya dengan keleihan dan kekurangan masing – masing platform blogging tersebut.

SEO ( Search Engine Optimized )

SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian kegiatan untuk mengoptimasi sebuah website agar dapat muncul di peringkat teratas pada mesin pencari (SERP), adapun mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain – lain. Kini bidang SEO merupakan bidang yang banyak ditekuni oleh para internet marketer (istilah orang yang menjalankan internet marketing), banyak penyedia jasa seo yang menawarkan layanannya kepada pemilik bisnis atau website agar websitenya dapat menduduki peringkat teratas pada mesin pencarian.

Hasil survey menunjukan bahwa website mesin pencari adalah situs yang paling banyak dikunjungi, ketika seseorang ingin mencari informasi untuk mendapatkan informasi yang yanglengkap tentang apa yang mereka cari, khusunya Google. Kemudian hasil pencarian akan ditampilkan oleh mesin pencari dan disajikannya daftar website yang relevan mengenai keyword (kata kunci) yang di cari. Oleh karena itu pentingnya prioritas peranan SEO untuk pemilik website dalam bentuk apapun.

SEM (Search Engine Marketing)

Hampir sama dengan SEO yang kita bahas diatas, tetapi SEM adalah aktifitas pemasaran, promosi dan optimasi website sebuah perusahaan yang dilakukan perusahaan tersebut, yang tujuan utamanya website tersebut semakin bayak dikunjungi dan semakin berada di posisi teratas mesin pencari tentunya.

Sekarang ini potensial market online internet merupakan point yang diperebutkan bahkan oleh perusahaan besar yang sebelumnya tidak melirik market diinternet. Tetapi dari berbagai riset dan survey yang telah di dikeluarkan dari tahun ketahun terlihat begitu besarnya potensi online market yang kini menjadi target market yang semakin banyak dibidik perusahaan dengan berbagai produknya. Oleh karena itu, posisi SEM merupakan salah satu keahlian yang saat ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Website Builder

Website Builder adalah jasa pembuatan websites yang membuat sebuah website dengan beragam fitur dan fasilitas yang tersedia di dalamnya sesuai dengan kebutuhan dan tujuan konsumennya.

Website Builder saat ini sangat mudah kita jumpai seiring perkembangan zaman semakin banyak yang membuka layanan jasa pembuatan website, disini terjadi pemisah segementasi market yang mejadi fokus target mereka, dimana para website builder menetapkan pasar (calon konsumen) yang dituju untuk jasa pembuatan website yang mereka tawarkan, mulai dari website sederhana dengan harga yang murah dengan segmentasi UKM & bisnis perseorangan, hingga website korporasi yang untuk tujuan professional dan tentunya dengan range harga yang cukup mahal.

Website builder juga merupakan jenis usaha yang Anda bisa tekuni untuk menjadi seorang penyedia layanan jasa pembuatan website yang profesional, dengan menentukan fokus & segmetasi pasar yang ingin dibidik dan tentunya harus diikuti dengan keahlian yang memadai sesuai tujuan yang akan dicapainya.

ECommerce / Marketplace

ECommerce dapat kita artikan adalah bidang pemasaran poduk (barang/jasa) komersial berbasis elektronik (internet) sebagian kita familier dengan istilah situs jual beli.Aktiftas yang disebut ecommerce ini dilakukan oleh perorangan maupun suatu korporasi perusahaan dengan skala yang berbeda tentunya.

Selanjutnya ecommerce seiring berjalanya waktu, terus berkembang bukan hanya menjadi situs penjual produk saja tetapi kemudian juga memfasilitasi dan mengakomodir pihak ketiga untuk bisa mejadi bagian dari situs jual beli mereka untuk bisa ikut memasarkan produk dari pihak ketiga tesebut di situs tersebut, bentuk situs ini yang sekarang kita kenal dengan istilah marketplace.Marketplace hari ini yang ada di Indonesia cukup banyak sekali, seperti : Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli dll.

Panduan Belajar Internet Marketing Untuk Pemula - Ecommerce Marketplace

Pelaku utama di bidang ecommerce / marketplace ini bisa kita bagi menjadi 3 pelaku utama yang umum di kenal di bidang ini, yakni :

Brand Owner / Produsen

Brand Owner atau pemilik merek dagang ataupun produsen; yang melakukan proses produksi langsung atas produk yang di pasarkan melalui chanel ecommerce tersebut, mereka merupkan pelaku utama di bidang ecommerce ini dimana website yang mereka miliki umumnya menggunakan nama/alamat situs dengan namabrand/produk yang mereka hasilkan.

Reseller

Resellers adalah orang yang membeli suatu produk/jasa dari brand owner / produsen untuk kemudian mereka ikut memasarkan kembali produk/jasa tersebut di lokasi yang berbeda dan dengan harga yang berbeda dimana selisih margin dari harga jual kembali untuk laba yang mereka terima.

Lokasi yang dimaksud bisa di situs yang sama atau berbeda dengan nama yang berbeda, bisa di di luar marketplace seperti di sosial media maupun di pasarkan secara offline.

Dropshiper

Berbeda dengan resellers, Dropshiper adalah aktifitas pemasaran tanpa membeli produk/jasa dari brand owner / produsen. Mereka ikut memasarkan produk/jasa tersebutdi lokasi yang berbeda dan dengan harga yang berbeda, dan ketika mereka (dropshipers) mendapatkan konsumen, mereka melakukan order & pembayaran serta menyertakan alamat pengiriman order tersebut kepada pihak produsen, untuk kemudian produsen tersebut mengirimkan pesanan ke alamat konsumen dari dropshiper.

Sama seperti resellers keuntungan yang mereka terima didapat dari selisih harga jual yang mereka tentukan dengan harga yang ditentukan

Dropshipers saat ini menjadi trend yang sangat diminati pelaku internet marketing yang ingin memulai usaha tanpa memikirkan modal, karena memang bisnis dropshipersini tidak memerlukan modal untuk pembelian produk, kerja utamanya adalah mencari calon konsumen dari produk yang mereka pasarkan.

Social Media Marketing

Sosial media merupakan bidang IM yang memfokuskan channel pemasarannya melalui platform social media. Sosial media adalah jenis konten yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia, Jutaan pengguna internet di Indonesia mengakses konten social media setiap harinya.

Panduan Belajar Internet Marketing Untuk Pemula - sosial media marketing

Facebook

Facebook adalah platform sosila media yang banyak diakses oleh sebagian besar jumlah pengguna internet di Tanah Air. Hal tersebut yang membuat penetrasi Digital marketing di Indonesia menjadikan facebook sebagai platform pemasarannya yang cukup penting, karena begitu besarnya potensial pasar yang terbuka. Teknologi dan pengayaan fitur yang terus dikembangkan oleh facebook yang di pimpin oleh Mark Zukerberg berhasil membuat facebook bukan hanya sebagai media ajang sapa komunitas sosial, perlahan merambat menjadi tempat menyebar informasi jurnalisme hingga tempat beraktifitas marketing online yang sangat menjanjikan.

Terlebih beberapa fitur yang di sediakan Facebook dalam menunjang aktifitas marketing, seperti facebook ads, facebook pixel, hingga facebook canvas, menunjukan keseriusan facebook merambah sisi komersial dengan cukup masif.
Efek nyata penetrasi facebook yang terlihat sangat dominan bisa dilihat dengan semakin banyaknya iklan bersponsor facebook ads yang sering hadir di timeline facebook kita setiap saat. facebook ads semakin digandrungi sebagai sarana beriklan online yang sangat diminati, bahkan saat ini pun semakin banyak kursus – pelatihan online maupun workshop yang khusus mengajarkan tentang facebook ads.

Instagram

Sosial Media yang menjadi tempat pemasaran yang banyak digunakan IM di Indonesia selanjutnya adalah adalah instagram, karena Instagram telah menjadi Sosial Media yang paling banyak di akses oleh pengguna internet di Indonesia.
Sama halnya seperti Facebook, Instagram pun serius berinovasi menciptakan fitur tambahan pada platformnya untuk menjadikannya tempat yang potensial untuk tujuan komersial. Hal ini bisa kita lihat saat ini telah tersedia fasilitas untuk bisa beriklan dengan tujuan komersial di instagram, fitur yang bernama instagram ads.

Instagram ads diciptakan tentunya melihat potensi pengguna sosmedi yang semakin meningkat tiap tahunnya, yang tentunya akan menciptakan potensail market yang menjanjikan pula untuk menarik para pelaku internet marketing menggunakan jasa instagram ads.

Advertiser

Advertisers adalah aktifitas internet marketing dalam bidang promosi / periklanan, dimana advertisers bekerja dan menghasilkan income dengan cara membantu mendistribusikan / memasang iklan dari vendor / penyedia ke situs – situs yang dikelola oleh advertisers maupun pihak ketiga.
Vendor / penyedia jasa iklan yang terbesar saat ini dimiliki oleh Google dengan platform Google Adword/adsense & Facebook dengan Facebook Ads.

Google Adsense menjadi platform yang sangat di minati oleh advertisers karena bisa menghasilkan pendapatan yang sanggat menjanjikan jika sang advertiser berhasilmengelola dan menciptakan traffic dan konversi yang tinggi pada website yang telah disematkan iklan dari adsense.

Panduan Belajar Internet Marketing Untuk Pemula - advertiser

cara mendapatkan penghasilan dari google adsense

Untuk teman yang ingin belajar mendapatkan penghasilan dari google adsense sangat mudah, syaratnya ada 3 hal yang utama :

    1. Memiliki akun Google Adsense.
    2. Memiliki Website / Blog untuk menempatkan iklan dari Akun Google Adsense yang dimiliki.
    3. Optimasi Website / Blog yang sudah dipasangkan adsense agar mendapatkan banyak traffic atau pengunjung

Dari ketiga hal diatas, point terakhir lah penentu sukses tidaknya sematan adsense yang sobat miliki, yang pada akhirnya tentu saja akan mempengaruhi pada nominalyang bisa dihasilkan. Banyak factor yang akan mempengaruhi keberhasilan trafik dan konfersi adsense yang sudah terpasang tadi, dibutuhkan kemampuan diantaranya :

Analisa niche populer beserta segmentasi market yang dituju, Segmentasi market yang ditarget, Artikel yang menarik, Strategi pemasangan dan posisi ads, dan sebagainya.

Akun google adsense bisa kita miliki hanya dengan mendaftarkan akun google sobat ke https://www.google.com/adsense/start/ untuk kemudian tinggal menunggu verifikasi dan persetujuan dari google untuk akun google adsense yang di daftarkan tadi. Pastikan dalam mengisi data dalam registrasi google adsense, di isi dengan data yang valid.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan aktifitas marketing yang memasarkan produk berupa barang / jasa bekerjasama dengan vendor dalam hal ini pemilik / produsen dari produk yang dipasarkan tersebut dengan keuntungan yang diterima marketing tersebut berupa komisi dari harga per unit maupun komulatif atas produk yang berhasil dijual oleh marketing tersebut Besaran komisinya beragam sesuai perjanjian yang telah di tentukan.diawal. Disini harga yang ditentukan bersifat mengikat jadi seorang affiliate marketing sudah mendapatkan keuntungan tanpa menaikan harga.

Saat ini cukup banyak tempat baik ecommerce maupun marketplace yang membuka peluang kerjasama kemitraan untuk affiliate marketing, dengan komisi yang semakin menjanjikan bahkan ada yang memberikan komisi hingga 50% dari harga jual produk yang ditawarkan, hal ini yang menjadikan aktifitas affiliate marketing semakin banyak diminati pelaku internet marketing di Indonesia.

Affiliate Marketing Posbisnis.com

Dan melihat semakin berkembangnya internet marketing di Indonesia membuat trend affiliate marketing menjadi salah satu fasilitas yang banyak disediakan oleh perusahaan – perusahan besar dalam strategi memasarkan produknya di market online.

Email Marketing

Pengertian Email Marketing disini adalah pemasaran yang menggunakan sarana email untuk melakukan aktifitas marketing, mencari dan mengelola pelanggan,promosi produk dan lain sebagainya. Sebagian beranggapan email marketing merupakan sarana yang jitu untuk direct promotion, atau promosi yang terarah kepada konsumen langsung dan terjadwal.

Email Marketing Posbisnis.com

Beberapa fitur dari penyedia layanan email marketing yang umumnya ditawarkan diantaranya :

    • Email Builder
    • Auto Responder
    • Schedule Mail
    • Sales funnel
    • Dll.

Beberapa penyedia jasa email marketing yang banyak digunakan adalah seperti Getresponse, Mailchimps, Kirim.email, Mailketing dan sebagainya.

Semoga artikel Panduan Belajar Internet Marketing Untuk Pemula ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

Previous Post
Next Post
error:

BERLANGANAN GRATIS

Dapatkan info bisnis terupdate posbisnis.com